Cara Cari Investor Untuk Modal Usaha Yang Bisa Anda Ikuti

cara mencari investor untuk modal usaha

Tidak ada pengusaha yang tidak ingin menemukan investor yang tepat untuk usaha yang dirintis, baik itu pengusaha pemula maupun profesional. Masalah utamanya adalah bagaimana Cara cari investor untuk modal usaha tersebut?

Jika pengusaha profesional saja bisa mengalami kesulitan dalam mengatasi hal ini, apalagi Anda sebagai pengusaha pemula. Namun, Anda tidak perlu khawatir maupun minder.

Siapapun Anda pasti bisa menemukan pemodal yang cocok dengan konsep usaha yang Anda miliki. Yang penting, Anda mampu memikat hati para investor dengan ide dan proposal yang menarik.

Baca juga : Cara berbisnis buah-buahan

Mau tahu langkah tepat untuk menemukan pemodal? Yuk, simak langkah-langkah berikut ini!

Langkah Tepat Cara Cari Investor Untuk Modal Usaha

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis pasti memiliki masalah utama yang dinamakan modal. Ide usaha sudah Anda miliki, tetapi Anda tidak memiliki modal untuk mewujudkan usaha tersebut.

Dalam mengatasi masalah dasar tersebut, Anda bisa memanfaatkan pemodal atau sering disebut investor. Namun, untuk menemukan investor yang mau berinvestasi terhadap usaha Anda tidaklah mudah.

Anda harus memiliki langkah yang tepat untuk membuat pemodal tersebut berinvestasi ke dalam usaha Anda. Berikut adalah cara cari investor untuk modal usaha yang bisa Anda praktikkan!

Proposal yang Menarik

Untuk bisa mendapatkan pemodal Anda harus menyiapkan proposal, yang mana proposal tersebut harus menarik dan mrmiliki tujuan yang jelas. Dalam proposal tersebut, Anda harus menyertakan visi dan misi dari usaha yang akan Anda rintis.

Selain itu Anda juga harus mencantumkan model bisnis yang masuk akal. Tim yang Anda miliki pun harus terpercaya. Sehingga investor tidak ragu untuk melakukan investasi kepada usaha Anda.

Mencuri Hati Investor

Untuk mencuri hati pemodal, Anda tidak bisa hanya mengandalkan proposal saja. Namun, Anda harus melakukannya dengan presentasi. Lakukanlah presentasi bisnis semenarik dan sejelas mungkin di hadapan investor.

Jadikan pemodal tersebut tertarik dengan presentasi Anda, sehingga Anda akan lebih mudah mendapat suntikan dana dari pemodal. Jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan untuk melakukan presentasi tersebut.

Hambatan dalam Usaha

Apapun jenis usaha pasti memiliki hambatan didalamnya, baik hambatan itu memiliki pengaruh besar maupun kecil. Dalam hal ini, Anda tidak perlu untuk menutup-nutupi hambatan tersebut.

Jelaskanlah semua hambatan itu kepada calon pemodal, agar pemodal tetap percaya kepada Anda. Siapa tahu dengan menjelaskan hambatan tersebut, Anda akan mendapatkan solusi dari investor.

Strategi yang Matang

Strategi usaha yang Anda miliki, harus benar-benar matang, sehingga Anda bisa menarik perhatian investor. Bukan hanya itu saja dengan memiliki strategi yang rapi dan matang, Anda akan mudah untuk mempertahankan usaha tersebut.

Anda juga bisa meyakinkan investor untuk memberikan modal tanpa ragu dengan strategi bisnis tersebut. Siapa tahu dengan strategi yang matang, investor akan memberikan modal lebih terhadap usaha Anda.

Baca juga : Bisnis sampingan untuk para karyawan

Kompetisi

Cara ini bisa Anda lakukan untuk menarik perhatian investor. Mengapa demikian? Karena dengan mengikuti kompetisi bisnis, Anda bisa mencari investor dengan mudah. 

Asalkan konsep bisnis yang Anda sampaikan sangat menarik dan membuat investor tertarik dengan konsep usaha Anda. Semakin menarik konsep tersebut, maka semakin banyak pemodal yang akan memberikan modal pada Anda.

Menumbuhkan Kepercayaan Investor

Hal ini perlu perhatian khusus bagi pebisnis pemula, karena investor akan sangat berhatihati untuk memberikan modal. Mengapa demikian? Karena pada zaman sekarang penipuan sudah sangat marak.

Dengan maraknya penipuan tidak menuntut kemungkinan untuk membuat investor sangat berhati0hati sebelum berinvestasi. Anda bisa mendapatkan investasi dengan cara menjelaskan semua tentang usaha Anda secara detail dan tidak ditutup-tutupi.

Begitulah sedikit cara cari investor untuk modal usaha yang bisa Anda praktekkan! Jangan jadikan modal sebagai hambatan untuk menuju kesuksesan dalam usaha.


Editor : Dwi


No comments for "Cara Cari Investor Untuk Modal Usaha Yang Bisa Anda Ikuti"