Bisnis Kos Kosan Bikin Untung Berlipat, Ini Caranya !

ide bisnis kos-kosan

Anda tinggal di wilayah padat penduduk? Dekat dengan tempat kerja maupun universitas? Tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan bisnis kos kosan sebagai peluang jangka panjang. Pasalnya, harga kos kosan mengikuti pergerakan inflasi setiap tahunnya jadi sangat cocok diandalkan sebagai penghasilan pasif setiap bulannya.

Keuntungan Mendirikan Bisnis Kos Kosan 

Semua bisnis tentu membutuhkan modal, termasuk bisnis kos. Meskipun membutuhkan modal yang tidak sedikit, namun setidaknya keuntungan yang ditawarkan pun beragam. 

Berikut beberapa keuntungan mengapa anda harus memulai bisnis kosan sebelum terlambat, selengkapnya berikut ini;

1. Permintaan Konsumen Tinggi

Kebutuhan tempat tinggal secara instan selalu meningkat setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan target pasar pengguna yakni mahasiswa dan karyawan yang merantau. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membina Kerjasama dengan lokasi disekitaran kampus atau pabrik yang ramai.

Baca juga : Cara berbisnis catering menguntungkan

2. Pendapatan Rutin Jangka Panjang

Umumnya, sewa kos dibanderol dnegan harga mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1 jutaan tergantung spesifikasi kamar yang ditawarkan. Setiap bulannya, anda akan menerima penghasilan dari sewa kos. Maka dapat disimpulkan bahwa pendapatan kos kosan bersifat ruftin dan skala jangka panjang. 

3. Kenaikan Harga Lebih Tinggi

Satu hal lagi yang perlu anda pertimbangkan. Sepetak kamar kosan dapat mengalami kenaikan harga jika pengguna melakukan perawatan bangunan serta sarana prasarana. Semakin terawat dan nyaman untuk ditinggali, konsumen tidak akan berpikir dua kali untuk membayar mahal tarifyang telah dipatok.

Kekurangan Bisnis Kos Kosan

Dibalik keuntungan sudah pasti terdapat kekurangan yang harus dikritisi sebelum anda memutuskan lebih lanjut. Nah, berikut beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan anda;

1. Biaya yang Tidak Sedikit

Untuk membuat hunian yang aman dan nyaman, memang diperlukan biaya renovasi yang jumlahnya tidak sedikit. Mau tidak mau, inilah yang menjadi daya tarik bagi target pasaran. Mulai dari luas kamar, tembok, kamar mandi, dan perlengkapan lainnya seperti kasur, lemari, dan lainnya. Semuanya harus diperhitungkan secara matang dan detail.

Cara Mudah Memulai Bisnis Kos Kosan

Jangan sampai bisnis anda tekor hanya karena salah strategi. Maka dari itu, berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan sebagai pemula untuk memulai bisnis kos kosan;

1. Memastikan Lokasi Strategis

Lokasi memang menjadi kunci keberhasilan suatu bisnis, termasuk bisnis kos kosan. Umumnya, konsumen mencari lokasi kosan yang ramai dekat dengan jalan raya, akses mudah, dan dekat dengan pembelanjaan. Semakin strategis, maka umumnya semakin mahal biaya yang dipatok perbulan.

2. Ukuran Bangunan Luas

Kos Kosan terdiri dari berbagai sekat kamar dalam satu rumah. Nah, setidaknya anda perlu memastikan bahwa luas ukuran bangunan perkamar memang cukup luas dan nyaman untuk dihuni dalam jangka waktu lama.

Baca juga : Ide bisnis cocok untuk karyawan

3. Perbaikan Bangunan

Jika anda merasa bangunan butuh perbaikan, jangan tunda lagi. Jangan lupa buat rincian anggaran sedetail mungkin. Sebab kualitas adalah nomor utama agar konsumen merasa betah dan nyaman sehingga anda tidak mengalami rugi hanya karena kosan tidak ada yang mau menempati.

4. Iklankan Kosan Anda

Agar target konsumen semakin luas, kini anda dapat memanfaatkan platform media online, seperti OLX, Facebook, dan platform lainnya, Tujuannya adalah agar kosan anda segera mendapatkan penghuni baru untuk menghasilkan uang lebih cepat. Sebab rasanya sangat rugi jika terdapat salah satu kamar yang tidak berpenghuni karena biaya listrik terus mengalir. 

Selesai sudah ulasan berbagi tentang bisnis kos kosan. Ini dapat membuka wawasan dan juga informasi yang bermanfaat untuk anda.


No comments for "Bisnis Kos Kosan Bikin Untung Berlipat, Ini Caranya !"