Cara Memulai Usaha Laundry dengan Budget Minim

bisnis usaha rumahan loundry

Bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis laundry, maka di bawah terdapat beberapa cara memulai usaha laundry yang jika Anda menerapkannya, Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang mahal. 

Usaha laundry sendiri tergolong jenis bisnis yang sangat viral di tahun 2021. Luar biasanya, masyarakat benar-benar terbantu dengan adanya usaha ini, paling tidak mereka tidak perlu repot untuk mencuci dan menyeterika sendiri. Untuk itu, silakan ikuti langkah berikut jika Anda ingin memulainya:

1. Membeli Perangkat Mesin Cuci Standar

Untuk usaha laundry pemula, mungkin langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membeli perangkat mesin cuci. Unitnya tidak usah banyak terlebih dahulu cukup 2-3 mesin cuci saja yang standar namun berkualitas bagus. 

Untuk cara memulai usaha laundry yang pertama ini, Anda cukup menyediakan uang minimal Rp15.000.000 sampai Rp25.000.000 saja. Itu sudah cukup untuk membeli mesin cuci merk ternama dengan kualitas memuaskan. 

Baca juga : Bisnis sampingan untuk karyawan tanpa modal

2. Merehab Ruang Depan untuk Dijadikan Gerai

Kalau Anda memiliki budget besar silakan membeli tanah untuk membangun gerai jasa laundry. Kalau dananya standar mungkin bisa menyewa toko orang asalkan lokasinya strategis. Namun dari kedua cara di atas, masih lebih ekonomis Anda membangun toko sendiri dengan cara merehab ruang depan untuk dijadikan gerai. 

Langkah ini lebih maksimal apabila lokasi rumah berada di pinggir jalan umum atau jalan ramai. Sehingga, Anda tidak perlu repot melakukan promosi karena orang yang lalu lalang sudah pasti mengetahui kalau di jalan yang mereka lewati ada jasa cuci atau jasa laundry. 

3. Mempromosikan Jasa di Media Sosial

Anda tidak terlarang untuk menyewa jasa percetakan dalam rangka menerbitkan banner promosi jasa laundry. Namun, untuk menghemat biaya, tentu masih lebih baik Anda mempromosikan jasa melalui media sosial saja seperti di Facebook dan WhatsApp. 

Untuk promosi teknik ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Yang Anda butuhkan hanya ponsel yang terhubung ke internet. Setelah itu silakan buat banner promosi online lalu sebar di media sosial dengan menggunakan HP yang Anda miliki. 

4. Mulai Memanfaatkan Testimoni Keluarga Dekat

Usahakan pelanggan pertama di usaha laundry Anda adalah keluarga dekat dan tetangga. Berikan pelayanan terbaik kepada mereka supaya mereka puas sehingga mau memberikan pengakuan atau testimoni positif secara jujur dan ikhlas. 

Nah, testimoni ini yang bisa Anda jadikan kesempatan untuk mengembangkan bisnis dengan mencari pelanggan yang agak jauh dari rumah Anda. Pastinya, untuk teknik ini Anda tidak perlu mengeluarkan uang jutaan rupiah sehingga modal bisa Anda gunakan untuk membeli mesin cuci yang baru. 

Baca juga : Ide usaha rumahan modal hanya 1 juta 

5. Mempekerjakan Keluarga dan Kerabat

Langkah yang terakhir adalah mempekerjakan keluarga dan kerabat jika Anda merasa keteteran jika bisnis Anda jalankan sendiri. Tentunya keluarga tidak akan meminta bayaran besar karena sistem kerja adalah bantuan. Anda pun tidak perlu memaksa mereka bekerja all out terutama keluarga yang masih bersekolah. 

Silakan Anda mengajak adik, keponakan dan sepupu untuk menjaga gerai. Tentunya Anda harus mengajari mereka terlebih dahulu cara menggunakan mesin cuci. Sebab, pelanggan tidak melihat siapa yang bekerja tetapi bagaimana kualitas dari pekerjaan. 

Bagaimana, apakah Anda sudah berminat membuka jasa dengan menerapkan cara memulai usaha laundry yang sudah saya jelaskan di atas? Jadi tunggu apalagi silakan persiapkan bujet-nya sekarang juga lalu mulai jalankan usaha sebelum ada orang lain yang menjalankannya. 


No comments for "Cara Memulai Usaha Laundry dengan Budget Minim"