Bisnis Sayuran Organik : Target Pasaran & Analisa Usaha Lengkap

bisnis usaha sayuran

Semenjak pandemi, masyarakat mulai memperhatikan kesehatan pribadi sebagai proteksi daya tahan tubuh dalam menangkal penyakit. Nah, tidak heran jika kini bisnis sayuran organik menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan terutama di masa pandemi. 

Bisnis Sayuran Organik

Banyak manfaat yang dapat dipetik dari bisnis tersebut. Dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya, sayuran organik dapat ditanam tanpa menggunakan bahan kimia. Hasilnya, sayuran menjadi lebih segar dan nikmat untuk diolah menjadi berbagai masakan. 

Namun karena perawatan yang tergolong cukup sulit, sayuran organik dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan sayuran pada umumnya. Tidak hanya petani, anda pun bisa memulai bisnis  sayuran organik ini dengan meraup profit berlipat.

Target Pasar Bisnis Sayuran Organik 

Sebelum mulai berbisnis, pastikan anda mengetahui target pasar yang hendak dituju. Dengan demikian, anda sudah mengetahui bentuk promosi marketing yang tepat.

Baca juga : Cara mengatasi hama padi dengan benar

Produk sayuran organik sangat tepat dituju untuk pelaku;

1. Masyarakat Perkotaan

Anda dapat menargetkan promosi untuk masyarakat perkotaan. Tidak serta merta hanya jualan, namun anda dapat memulai dari selipan edukasi tentang pentingnya sayuran organik di masa pandemi. Buat kemasan marketing yang menarik dengan diselipkan berbagai fakta kesehatan tubuh. Setelah terbangun trust atau kepercayaan, masyarakat tak segan untuk menanyakan harga produk kepada anda. 

2. Pelaku Restoran & Hotel

Keduanya memiliki tingkat permintaan sayur yang tinggi setiap harinya, terutama restoran dan hotel ternama di ibukota. Sebab untuk menyajikan rasa masakan yang nikmat, dibutuhkan produk sayuran yang memiliki kualitas tinggi.

3. Usaha Catering

Pelaku usaha catering juga memiliki permintaan sayur yang tinggi pula. Setiap harinya, pelaku usaha catering memiliki jumlah preorder yang bereda-beda maka dari itu selalu membutuhkan sayuran segar setiap harinya. 

4. Supplier Sayuran

Kini makin menjamur kehadiran supplier sayuran diberbagai kota dengan kemusahan delivery. Peluang ini dapat anda manfaatkan untuk meluaskan bisnis target pasar anda. Oleh sebab itu, pastikan anda memilih supplier terpercaya yang dapat diajak bekerjasama dengan baik.

Analisa Usaha Bisnis Sayuran Organik

Untuk keuntungan, anda bisa menjual dengan harga mulai dari Rp 8 ribu hingga Rp 20 ribu . Harga tergantung dari jenis sayuran yang dijual. Semakin rumit tentu semakin mempengaruhi harga jual.

Untuk biaya investasi, berikut rinciannya;

Perlengkapan

Pompa air Rp 1.651.000

Sewa lahan Rp 4.323.000

Tandon air` Rp 2.403.400

Alat NFT Rp 1.065.000

Tray Rp 1.154.000

Jaring Rp     267.000

Pipa PVC Rp     315.000

Timbangan Rp     202.000

Selang & timba Rp     126.500

Peralatan lainnya Rp       90.800

Total Investasi Rp 11.597.000

Baca juga : Usaha pertanian untung puluhan juta rupiah

Lalu untuk pendapatan pemasukan per bulan dengan contoh beberapa produk dengan kasus berbeda;

Bawang merah

8 kg x Rp 28 ribu = Rp 224 ribu

Rp 224 ribu x 30 hari = Rp 6.720 juta

Sawi

9 kg  x Rp 10 ribu = Rp 90 ribu

Rp 90 ribu x 30 hari = Rp 2.700 juta

Cabai 

8 kg  x Rp 32 ribu = Rp 256 ribu

Rp 256 ribu x 30 hari = Rp 7.680 juta

Selada

8 kg  x Rp 6 ribu = Rp 48 ribu

Rp 48 ribu  x 30 hari = Rp 1.440 juta

Akumulasi Pendapatan Total Panen

Rp 18.540.000

Nah demikian ulasan berbagi tentang peluang usaha sayuran organik lengkap. Semoga informasi diatas dapat menjadibahan pertimbangan anda untuk berbisnis.


No comments for "Bisnis Sayuran Organik : Target Pasaran & Analisa Usaha Lengkap"