8 Jenis Usaha Pertanian Tanpa Modal Untung hingga Puluhan Juta


Usaha pertanian saat ini tentu masih menjadi usaha yang paling menguntungkan. Sebab semua bahan pokok berasal dari pertanian. Ada banyak jenis usaha pertanian yang memiliki prospektif bagus bahkan bisa menghasilkan uang jutaan dan tanpa mengeluarkan modal yang besar.

Meskipun usaha pertanian itu banyak sekali macamnya, Anda tentu bisa memilih usaha mana saja yang dapat menguntungkan dengan minim kerugian. Kali ini akan membahas jenis usaha pertanian tanpa modal untung hingga jutaan. Untuk itu tetap stay hingga selesai agar informasinya dapat bermanfaat untuk Anda.





Jenis Usaha Pertanian yang Menjanjikan

Dibawah ini akan kami sajikan beberapa lis usaha pertanian yang memiliki potensi untuk dikemabnagkan dan tentunya menghasilkaan. Anda bisa mencoba dan mempraktekannya.

1. Produksi Pupuk



Produksi pupuk memang tidaklah sulit jika Anda memiliki bahannya. Produksi pupuk ini hanya bisa dilakukan untuk pupuk kompos. Anda bisa membuat pupuk kompos dari kotoran kambing atau sapi atau dari sampah organik. Anda bisa memproduksi dalam jumlah yang cukup banyak dan menjualnya ke petani untuk kebutuhan pupuk tanaman organik.

2. Bisnis Bibit Tanaman



Bibit tanaman tentu menjadi kebutuhan bagi banyak orang yang baru ingin memulai usaha di bidang pertanian. Contohnya bibit untuk tanaman yang unggul. Seperti tanaman durian, alpukat, jeruk dan tanaman lainnya.

Baca juga : Budidaya tanaman porang

3. Bisnis Komoditas Pangan Organik


Tanaman organik sekarang memang sedang tren. Banyak sekali kebutuhan akan tanaman organik dan yang mensuplaynya hanya sedikit. Ini bisa menjadi peluang yang bisa Anda kembangkan. Sehingga akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

4. Usaha Alat Pertanian


Membuka usaha alat pertanian sangat cocok jika berada ditempat yang mayoritas masyarakatnya bertani atau berkebun. Alat pertanian ini sangat dibutuhkan seperti obat hama tanamanan, juga pupuk tanaman, serta alat lainnya yang dibutuhkan dalam pertanian.

5. Usaha Hidroponik


Untuk yang berada di perkotaan yang tidak memiliki banyak lahan maka usaha hidroponik bisa menjadi pilihan untulk mengembangka produk pertanian. Anda bisa memulai usaha sayuran atau juga bisa menanam buah seperti melon, semangka dan lainnya.

Pengelolaan hidroponik ini cukup mudah sehingga Anda tidak begitu repot dalam pengolahannya. Anda siapkan peralatan dan media tanamnya agar tanaman dapat tumbuh. Untuk sayuran Anda tidak perlu menunggu lama untuk bisa memetiknya. Sehingga ini peluang yang cukup menguntungkan.

6.  Bisnis Rempah-Rempah


Selain sayuran Anda juga bisa memulai bisnis rempah-rempah. Bisnis rempah-rempah untuk bahan masakan juga menguntungkan. Selain untuk bahan masakan juga bisa sebagai obat tradisional. Usaha ini juga dapat Anda mulai jika Anda masih bingung dalam memulai usaha. Tentu Anda harus pelajari dahulu caranya agar bisa menjalankan usaha ini.

Baca juga : Tips mengelola uang dengan benar

7. Merilis Toko Pertanian Secara Online


Adanya Perkembangan teknologi mau tidak mau kita harus berhubungan dengan internet. Begitu juga dengan pertanian. Anda bisa membuat toko pertanian secara online. Ini tentu akan memudahkan dalam pemasaran produk pertanian.

8. Usaha Keripik


Anda bisa mengembangkan usaha keripik dari sayuran maupun dari umbi-umbian bahkan dari buah-buahan. Seperti keripik bayam, keripik jamur, keripik, keripik ubi jalar, keripik singkong, keripik buah nangka, keripik pisang dan lainnya. Anda bisa eksplorasi bahan yang dapat dijadikan sebagai keripik.

Adanya list jenis usaha pertanian tanpa modal ini dapat membantu Anda dalam mencari ide usaha yang akan di kembangkan dalam biang pertanian. Anda bisa mencobanya salah satu yang sangat cocok dan sesuai dengan passion Anda.

 

 

 

No comments for " 8 Jenis Usaha Pertanian Tanpa Modal Untung hingga Puluhan Juta"