Kebun pekarangan rumah dijadikan tanaman rempah

rempah tanaman herbal

Rempah-rempah dan herba adalah sumberdaya hayati yang sejak lama telah memainkan peran penting dalam kehidupan manusia. Rempah-rempah adalah bagian tumbuhan yang digunakan sebagai bumbu, penguat cita rasa, pengharum, dan pengawet makanan yang digunakan secara terbatas (FAO, 2005). 

Rempah adalah tanaman atau bagian tanaman yang bersifat aromatik dan digunakan dalam makanan dengan fungsi utama sebagai pemberi cita rasa. Penggunaan rempah-rempah dalam seni kuliner telah diketahui secara luas (Duke et al., 2002). Selain terkait makanan, rempah-rempah sejak lama juga digunakan sebagai jamu, kosmetik dan antimikroba. 

Dengan semakin meningkatnya kesadaran manusia akan kesehatan dan peran penting kesehatan berbasis tanaman, konsumsi makanan dan minuman berbasis rempah-rempah saat ini mulai muncul dan menjadi hidangan dalam wisata kuliner antara lain adalah bandrek hanjuang, bajigur hanjuang, sekoteng dan lainnya (Marliyati et al., 2013).

Rempah-rempah adalah bagian tanaman yang berasal dari bagian batang, daun, kulit kayu, umbi, rimpang (rhizome), akar, biji, bunga atau bagian-bagian tubuh tumbuhan lainnya. Bagian-bagian tubuh tanaman tersebut mengandung senyawa fitokimia yang dihasilkan tanaman sebagai bagian dari proses metabolism tanaman. 

Contoh dari rempah-rempah yang merupakan biji dari tanaman antara lain adalah biji adas, jinten dan ketumbar. Rempah-rempah berbahan baku rimpang, antara lain diperoleh dari tanaman jahe, kunyit, lengkuas, temulawak, dan kapulaga. Daun adalah bagian tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai rempah-rempah, terutama sebagai penguat cita rasa dan aroma makanan. Daun-daun yang sering dipakai antara lain adalah daun jeruk, daun salam, seledri, dan daun pandan (De Guzman dan Siemonsma, 1999).


Di zona Mediterania-area sekitar Laut Mediterania, meliputi antara lain sebagian Eropa Selatan, Afrika Utara dan Asia- memiliki flora yang diduga asli, dengan iklim yang hangat adalah habitat tumbuh bagi anekaragam flora beraroma (fragrant plants). Tetumbuhan berikut diperkirakan berasal dari zona Mediterania, antara lain ajwain, anise, koriander, kumin, adas, hisop dan garden cress. Selain itu juga meliputi tanaman rempah dan herba seperti lavender, mahaleb cherry, myrtle, nigella, oregano, olive, rosemary dan rue. Selain itu digunakan pula sage, saffron, savory, sumac dan Thyme juga diduga berasal dari zona Mediterania. 

Beberapa tumbuhan dari kawasan lain seperti basil (asli Asia Selatan dan Asia Tenggara) dapat tumbuh dan hidup secara liar di Eropa Selatan. Tumbuhan ini digunakan secara ekstensif , terutama dalam seni kuliner Italia. Beberapa tanaman penting lainnya dari zona Mediterania yang berperan sebagai rempah dan herba dalam seni kuliner antara kain adalah black lovage, mastic, samphire, pennyroyal, calamint, dan purslane.


No comments for "Kebun pekarangan rumah dijadikan tanaman rempah"