Herbal alami

Bawang Merah

Nama selain bawang merah adalah brambang (bahasa jawa). bertani untuk segala jenis bawang sangatlah susah sebab memerlukan perhatian yang sangat teliti. apalagi di daerah pegunungan. jika sore atau petang kabut turun maka pada malah harinya antara pukul 1 atau 2 dini hari petani bawang harus menyirami bawangnya. apabila terlambat menyiram saat fajar menyinsing maka dapat diperkirakan seluruh tanaman bawang akan layu kemudian mati. oleh karena itu, kadang-kadang kabut berbisa bagi para petani bawang. lebih baik hujan lebat daripada kabut tanpa hujan karena dapat membahayakan berbagai jenis tanaman bawang.
Ilustrasi rempah-rempahan. Pixabay

Bawang merah ini selain digoreng kemudian ditaburkan pada berbagai masakan, juga sering digunakan sebagai campuran bumbu masak dan sambal. Disamping itu, di pedesaan juga sering kita dapati bawang merah diiris tipis-tipis, diremas-remas, dan dicampukan minyak kayu putih kemudian diberehkan ke perut bayi. tindakan tersebut dilakukan ibu mengobayi perut bayi yang sedang kembung atau masuk angin. Namun, apabila bayi sedang demam maka bawang merah diiris tipis-tipis, ditambah minyak kelapa dan garam sedikit, diremas-remas kemudian diborehkan pada dahi bayi.Bawang adalah obat demam dan selesma, tetapi bukan khusus bagi bayi saja, melainkan juga bagi kanak-kanak dan orang dewasa. bawang merah juga baik untuk menormalkan sistem saraf di usus dan membantu kerja pencernaan makanan. disamping itu, bawang merah juga dapat menurunkan tekanan darah.

Baca Juga : Jenis daun berkhasiat obat herbal

Cocor Bebek

Tumbuhan ini ada 2 jenis dan banyak sekali terdapat di Indonesia. Tumbuhan ini disebut juga sosor bebek. Sebenarnya tanaman ini tergolong tanaman hias. cocor bebek belum pernah didapati berbunga apalagi berbuah. Cara berkembangbiaknya cocor bebek adalah dengan daunnya yang cukup tua. petiklah sehelai daunnya letakkan di atas pot bunga yan sudah di isi tanah agak basah dan biarkan selama seminggu. pada lekuk daunnya akan tumbuh tunas-tunas baru.

Bagian yang bermanfaat dari tanaman ini adalah daunnya. daun cocor bebek berkesan agak tebal dan mengandung banyak air. di tepinya mempunyai lekukan-lekukan.

Daun ini bermanfaat sebagai obat :
Mencret
disentri
bengkak atau bintil-bintil digigit nyamuk.
juga sebagai peluruh air seni.
Cara meracik untuk bekas gigitan nyamuk :
1. dapatkan 10 helai dau cocor bebek dan cucilah.
2. Tumbukan agar keluar airnya kemudian di peras.
3. Air hasil perasan tersebut digosokkan pada bekas gigitan nyamuk.

lakukan 3 kali setiap hari sehingga bintil-bintil gigitan nyamuk akan segera sembuh.

Buah Ceri

Buah ceri terdiri dari dua jenis yaitu ceri rasa manis (Prunus Avium) dan ceri rasa sedikit masam (Kers). ceri asam mengandung kalori yang lebih rendah ketimbang ceri manis. buah ceri mengandung vitamin C dan beta karoten yang lebih tinggi dari pada ceri manis. buah ceri banyak mengandung nutrisi antioksidan, vitamin C, kalium, serat, dan fitokimia.

Buah ceri dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan penyakit serius, warna merah buah ceri memiliki kandungan antioksidan, antioksidan ini bisa membantu melindungi sel dalam tubuh dari radiasi bebas yang dapat memicu kanker dan penyakit serius lainnya. seperti penyakit kardiovaskular. sumbatan pembuluh darah atau ateroklerosis, penyakit Alzheimer, dan radang sendi. dua anti oksidan kuat lainnya yang dimiliki buah ceri adalah  Hydroxycinnamic acid dan perilly alcohol. antioksidan pada buah ceri dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada penyakit asteoartritis. kandungan flavanoid pada buah ceri dapat sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

No comments for "Herbal alami"