Manfaat Kesehatan alami

Mencegah Rabun 

Cara menanam pepaya ialah dengan jalan menyemaikan bijinya terlebih dahulu, setelah tumbuh tunas setinggi 10 cm sampai 15 cm, barulah dipindahkan ke lahan yang lebih luas. jenis yang terkenal enak adalah pepaya jingga dan pepaya dari thailand. buah pepaya lazim juga dimakan bersama air jeruk nipis.

Buah pepaya banyak mengandung vitamin A dan vitamin C. Vitamin A pada umumnya berguna untuk kesehatan mata, khususnya untuk mencegah penyakit rabun senja atau disebut juga penyakit rabun ayam. Adapun kegunaan vitamin C pada pepaya umumnya berguna bagi kesehatan mulut dan kulit, mencegah penyakit skorbut, yaitu gusi berdarah. vitamin C juga berguna untuk pertumbuhan badan bagi anak-anak dan remaja serta menurunkan panas dan mencegah kudisan.

Buah pepaya juga berguna sebagai pelancar, artinya melancarkan buang air besar. artinya bagi penderita penyakit wasir atau ambeien agar tidak terlalu sakit saat buang air besar di kala penyakit wasir sedang kambuh.

Kalau sering makan daun pepaya rebus, terutama yang pahit maka nyamuk kurang suka menggigit kita. disamping itu, juga mencegah penyakit kurang darah. kegunaan daun pepaya yang lain adalah melunakkan daging. caranya dengan membungkus daging yang akan kita lunakkan, misalnya daging kambing atau sapi dengan daun pepaya selama semalam. daging tersebut akan empuk dikunyah tanpa mengurangi kelezatannya.

Manfaat kunyit

Tanaman kunyit dapat tumbuh di dataran tinggi dan dataran rendah. Kunyit Kunir atau koneng, banyak didapati didaerah tropis. Tanaman ini seperti pisang, yaitu tidak mempunyai batang pohon, melainkan hanya pelepah-pelepah daun. Umbi disebut juga rimpang dari tanaman kunir yang bercabang-cabang banyak sekali. Kulitnya berwarna coklat dan sebagian membayang kuning atau jingga sebagaimana isinya. Dari rimpang itu tumbuh tunas. Demikian cara tumbuh kunyit.Kunyit di Indonesia sering dipakai sebagai bumbu beraneka ragam masakan. Pemakaiannya kadangkala diperlukan karena zat pewarnanya, seperti nasi kuning. Ada kalanya untuk menyedapkan masakan minsalnya rawon.

Kunyit mengandung zat pewarna dan antibiotik (zat pembunuh kuman) yang sangat kuat. Di eropa zat pewarna kunyit juga sering dipakai untuk mewarnai keju, mentega, mustard, dan sebagainya. Pada umumnya penggunaan kunyit sebagai obat harus diparut terlebih dahulu, misalnya untuk mengobati ayam yang terluka, kemudian kunyit yang telah diparut diborehkan pada luka.

Untuk pengobatan pada manusia, umumnya kunyit diparut atau digerus bersama dengan bahan-bahan lain lalu dituangi air. Cara membuat resep untuk menurunkan panas, memperlancar keluarnya air empedu, mencret, membunuh kuman dan pencernaan makanan, dan lain-lain :

1. Kunyit yang sudah dilahuskan dicampur air sedikit kemudian diperas.
2. Air perasan kunyit yang diperlukan adalah setengah gelas.
3. Tambahkan 2 sendok madu dan 1 butir kuning telur ayam kampung ke dalamnya dan diaduk.

Dalam sehari minumlah 2 atau 3 kali dan ulangi selama kurang lebih 3 hari. 

Kacang Hijau

Kacang hijau biasanya di tanam di kebun maupun sawah di berbagai daerah. jika segera diperlukan kacang hijau muda di dapat baik di toko maupun pasar. pada umumnya, kacang hijau yang jenisnya baik untuk dimasak adalah yang besar. Kalau yang jenisnya kecil, memerlukan waktu lama sekali untuk merebusnya.kadang-kadang masih sulit untuk dikunyah karena masih keras seperti batu. cara lain untuk menentukan kacang hijau yang baik, yaitu saat cicuci sebelum direbus, kacang hijau tersebut tenggelam.

Kacang hijau yang banyak sekali mengandung vitamin B1, vitamin ini baik sekali untuk mencegah maupun mengobati penyakit beri-beri, gelisah, kesemutan, sukar tidur, dan sukar buang air besar.Pengobatan dengan kacang hijau tidak memerlukan cara yang khusus, melainkan dapat melalui berbagai macam masakan, asalkan banyak mengandung kacang hijau, seperti gulai kacang hijau, kolak kacang hijau, dan sebagainya. yang terpenting sering menggunakan kacang hijau di dalam masakannya.

No comments for "Manfaat Kesehatan alami"