Wiranto Usul Penetapan Tersangka KPK Calon Kepala Daerah ditunda

Kabarberitahariini.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menyebut permintaan penundaan penetapan calon kepala daerah sebagai tersangka oleh KPK hanya sebatas imbauan dan bukan sebagai bentuk paksaan.

Wiranto pun menyerahkan keputusan menanggapi imbauan tersebut kepada KPK. Wiranto kemudian menegaskan bahwa imbauan penundaan penetapan tersangka korupsi atas calon kepala daerah tersebut tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi ancaman pidana kepada yang bersangkutan.

Dia menyebut penundaan tersebut semata-mata untuk mencegah timbulnya tuduhan-tuduhan kepada KPK bahwa lembaga antirasuah itu masuk ke dalam ranah politik di tengah proses Pilkada Serentak 2018.

Wiranto sehari sebelumnya mengatakan dari hasil rapat bersama dengan para penyelenggara pemilu di sepakati untuk meminta KPK menunda pengumuman calon kepala daerah sebagai tersangka kasus korupsi.

Di sisi lain, Ketua Agus Rahardjo menyampaikan akan mengumumkan beberapa nama kepala daerah yang bakal menyandang status tersangka kapan ini.

Sementara itu, Ketua KPU Arief Budirman menyatakan soal penetapan hingga pengumuman tersangka korupsi termasuk calon kepala daerah adalah kewenangan KPK dan pihaknya tidak memiliki wewenang untuk mengintervensi.

Related posts