Tanah Longsor Yang Melanda China, Menyebabkan Sekitar 8 Orang Tewas Dan 17 Orang Menghilang

Tanah Longsor Yang Melanda China, Menyebabkan Sekitar 8 Orang Tewas Dan 17 Orang Menghilang

Kabarberitahariini.com, Hujan lebat yang memicu terjadinya tanah longsor dikabarkan menewaskan delapan orang dan mengakibatkan 17 orang lainnya hilang di Provinsi Sichuan, China barat daya, Selasa (8/8/2017).

Media pemerintahan China mengabarkan, cuaca ekstrem pada musim panas ini telah mengakibatkan serangkaian tanah longsor dan banjir di semua negeri, seperti yang dilaporkan oleh kantor berita Perancis, AFP.

Rentetan bencana tersebut menyebabkan puluhan orang meninggal dan puluhan ribu warga mengungsi, beberapa pemukiman tergusur oleh tanah longsor.

Bencana yang terakhir menimpa sebuah desa di daerah Puge, Selasa pada pukul 6.00 waktu setempat, seperti yang telah dilaporkan kantor berita resmi China, Xinhua. Terdapat lima orang yang mengalami luka.

Tanah longsor tersebut juga menghancurkan dua rumah, demikian kantor informasi pemerintah Sichuan melaporkan di media sosial.

Postingan di situs media sosial kepolisian setempat menunjukkan bahwa petugas penyelamat berdiri di genangan air dan menggali reruntuhan dengan sekop, pakaian mereka yang dipenuhi dengan lumpur.

Tanah longsor kerap menjadi sebuah bencana yang mematikan di daerah pedesaan dan pegunungan di China, terutama usai terjadi hujan deras.

Tanah longsor besar pada bulan Juni lalu menewaskan setidaknya terdapat 10 orang dan mengubur puluhan rumah di sebuah desa di Sichuan setelah hujan deras terjadi di pegunungan.

Pada bulan Juli, 63 orang tewas diakibatkan oleh tanah longsor dan banjir di provinsi Hunan, China tengah. Terdapat sekitar 1,6 juta orang dipaksa meninggalkan rumah mereka.

Related posts