Setnov Yakin Ada Titik Temu Soal Penambahan Kursi DPR

Setnov Yakin Ada Titik Temu Soal Penambahan Kursi DPR

Kabarberitahariini.comNews, Jakarta – Ketua DPR RI Setya Novanto mengatakan ide usulan penambahan kursi anggota DPR RI menjadi 579 akan dievaluasi pimpinan secara bersama nantinya. Menurutnya, hal ini masih sedang dalam pembahasan.

“Ya ini memang lagi dibahas secara detail ya kita tunggu aja nanti saya akan minta kepada pihak-pihak dan akan dievaluasi pimpinan yang lain dan juga pihak teman-teman yang ada di Pansus. Tenti kita akan lakukan sesuai apa yang menjadi keinginan masyarakat dan pemerintah,”ucap Setnov.

Novanto menyakini perbedaan jumlah penambangan kursi anggota DPR antara pemerintah dan Pansus RUU Pemilu akan mencapai titik temu. Semua akan dikomunikasikan supaya dapat kesepakatan yang baik bagi semua pihak.

“Saya yakin akan ada titik temunay sebab kita akan bahas secara detil yang kaidahnya memang bisa memberikan yang tebraik buat pemerintah dan juga DPR pastinya juga baik untuk rakyat,”ucap Novanto.

Sebelumnya Panitia khusus (Pansus) RUU Pemilu mengusulkan penambahan kursi anggota DPR menjadi 579. Artinya mereka mengusulkan tambahan 19 kursi di DPR.

Daerah yang akan ada penambahan antara lain, Kalbar, Riau, Lampung, Papua, itu 2 kursi. Tambah 1 itu Sumut, Jabar, DKI, Kepri, NTB, Sultra, Sumsel, NTB, Jambi. Nambah 3 lagi Kaltara.

Tetapi dari pihak pemerintah masih keberatan mengenai ide itu. Sekjen Kemendagri Yuswandi A Temenggung mengatakan pemerintah meminta hanya 5 kursi.

“Masalah dong. Malah itu pemerintah, (usul penambahan) 5 saja,”ucap Yuswanti A Temenggung.

Related posts