Mengubah Kebiasaan Tidak Sehat Sebelum Mencapai Usia 40 Tahun

Mengubah Kebiasaan Tidak Sehat Sebelum Mencapai Usia 40 Tahun

Kabarberitahariini.com, Setiap orang tentunya ingin terlihat dan merasa terus muda saat usia mencapai 40an dan seterusnya. Sekarang merupakan waktu yang tepat untuk mengubah kebiasaan hidup tidak sehat anda.

Tanpa disadari, mengetahui tekanan darah sudah tinggi dan gula darah di atas normal. Apabila anda tidak memanfaatkan usia 40 tahun sebagai titik balik, masalah kesehatan tersebut akan semakin memburuk.

Berikut merupakan beberapa gaya hidup tidak sehat yang harus anda ubah sebelum mencapai usia 40.

1. Kecanduan gadget

Terlalu sering menatap layar gadget dan menonton televisi dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Sementara itu, pancaran dari gelombang yang dilepaskan gadget dikatakan juga dapat mengacaukan irama sirkadian tubuh, sehingga kita susah tidur.

2. Kurang tidur

Seperti halnya ponsel, tubuh dan otak kita juga memerlukan istirahat untuk mendapatkan energi atau mengisi baterai. Caranya dengan tidur cukup 7 hingga 8 jam setiap malam. Kurang tidur dalam jangka waktu yang panjang akan meningkatkan risiko hipertensi, obesitas, dan juga depresi.

3. Melewatkan waktu makan

Melewatkan waktu untuk makan karena sedang menjalankan proses diet, hal tersebut justru dapar menjadi masalah terhadap kesehatan. Dikarenakan hal tersebut dapat meningkatkan nafsu makan sehingga dapat membuat kita makan apa saja, termasuk makanan tidak sehat.

4. Mengabaikan gejala penyakit

Tubuh kita sebenarnya dapat memberikan sinyal adanya gangguan kesehatan. Jangan mengabaikan setiap keluhan dan segera periksakan ke dokter. Makin cepat dideteksi, makin cepat penyakit tersebut dihilangkan.

5. Merokok

Anda mungkin telah mengetahui bahaya rokok terhadap kesehatan. Berhenti merokok sebelum usia mencapai 40 tahun akan menurunkan risiko kematian akibat penyakit terhubung dengan rokok sampai 90 persen.

6. Senang makanan asin

Sodium atau garam memang komponen yang penting dalam masakan. Namun, jika kita terlalu banyak mengonsumsinya, dampanya berbahaya. Kita disarankan mengasup tidak lebih dari 2.000 mg perhari atau satu sendok teh. Makanan yang mengandung sodium tinggi antara lain mi instan, saus dan kecap, serta makanan kalengan.

7. Hobi minuman manis

Memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman manis, seperti soda, minuman teh kemasan, atau kopi favorit di gerai kopi, bukan hanya meningkatkan berat badan namun juga memicu resistensi insulin yang dalam jangka panjang menyebabkan diabetes.

Related posts