Kuda Troya di Probolinggo

Kabarberitahariini – Kota Probolinggo, Jawa Timur mempunyai objek wisata menarik yaitu Patung Kuda Cipta Wilaha (kuda troya) raksasa berdiri tegap di hamparan hutan bakau mangrove. Patung yang disebut Cipta Wilaha di Probolinggo ini juga mendapat pengakuan rekor Muri sebagai patung kuda tertinggi di Indonesia bahkan Asia dan secara global tertinggi nomor dua di dunia setelah Turki.

Patung Cipta Wilaha ini telah diresmikan pada 29 Agustus 2017 lalu berada di objek wisata BeeJay Bakau Resort kota Probolinggo memiliki tinggi 11,5 meter dan panjangnya 12 meter. Pembuatan Rangka patung ini dirancang dari besi dan lapisan kulitnya berasal dari limbah kulit kepala.

Kuda Cipta Wilaha akan terlihat menakjubkan bila dilihat dari kejauhan, dan bila dilihat dari dekat, pengunjung akan dibuat terpesona dan ingin memasuki patung raksasa ini. Patung kuda Cipta Wilaha ini terdapat dua lantai untuk pengunjung yang ingin sekedar berfoto-foto.

Total pengunjung yang bisa memasuki patung tersebut berjumlah 300-400, pengunjung bisa berfoto-foto dilantai pertama ataupun di lantai kedua. Lantai pertama berada pada perutnya dan lantai kedua berada pada punggungnya.

Patung kuda Cipta Wilaha ini berdiri di objek wisata BJBR dengan luas 89 hektare, tepatnya di pelabuhan PPI Provinsi Jawa Timur, di kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, kota Probolinggo. Pengunjung juga bisa menggunjungi wahana wisata lainnya seperti permainan Majengan Bakau Beach, Gembok Cinta dan berkeliling hutan mangrove lalu untuk akomodasinya pengunjung bisa menginap di bunggalow yang mengapung di atas laut dan pengunjung bisa menikmati panorama alam laut utara.

Kuda Cipta Wilaha ini dibuat oleh Seniman Benjamin Mangitung. Saat ia plesiran ke Turki, Benjamin mendapatkan ide membuat kuda Cipta Wilaha setelah melihat kuda raksasa di Turki. Benjamin Mangitung sangat tertarik untuk membuatnya dan akhirnya didirikan di wisata BJBR. Pembuatan Kuda raksasa ini juga sebagai simbol kekuatan yang tiada tara dan juga diambil dari kisah dari kuda Abimanyu yang merupakan anak dari Arjuna dan diharapkan para pengunjung yang melihat patung raksasa kuda Cipta Wilaha ini akan lebih mengenal kisah dari pada sang Abimanyu dan Arjuna.

Pengunjung bisa masuk melalui pintu wisata BJBR dan berjalan kaki sambil menikmati rimbunnya hutan bakau mangrove sejauh 650 meter. Sedangkan harga tiket masuk ke wisata BJBR perorang adalah Rp 15.000 dan untuk memasuki ke dalam kuda Cipta Wilaha ini perorang dikenakan biaya Rp 10.000.

Kehadiran patung kuda Cipta Wilaha raksasa ini cukup membuat bangga masyarakat Probolinggo dan sekitarnya.

Related posts