Kesiapan Titiek Soeharto Menjadi Caketum Golkar

Kabarberitahariini.com – Keinginan Titiek Soeharto untuk bisa duduk di kursi Ketua Umum Golkar menurut para pengamat politik akan mengalami kesulitan, mesti berlatar belakang anak mantan pimpinan pertai itu, keluarga Cendana dinilai sudah tidak mempunyai pengaruh lagi di Golkar.

“Setelah era kekuasaan Soeharto berakhir pada tahun 1998. Titiek akan sulit untuk tampil sebagai figur yang bisa menghidupkan lagi trah cendana.” kata Peneliti dan LIPI, Syamsuddin Haris pada sabtu malam (9/12/2017).

Menurut Syamsuddin, Titiek adalah orang yang tidak banyak bicara, pasif bermanuver politik penilaian orang internal Golkar juga tidak gemilang jadi banyak orang meragukan kapasitasnya. Latar Cendana sudah tidak berpengaruh kuat di Golkar saat ini dan sepak terjang Titiek di Golkar juga hampir tidak pernah terdengar.

Peneliti Politik LIPI Siti Zuhro berpendapat sepeninggalan Pak Harto, pengaruh keluarga Cendana di Golkar sudah tidak sekuat dulu. Jadi penerusnya belum malang melintang, belum teruji. Bu Titiek hanya seorang anggota dewan, di Pilkada juga belum pernah maju. Belum ada sumbangsih kongrit yang terlihat dari Titiek untuk partai berlambang pohon beringin itu. Kata Siti Zuhro.

Siti mengatakan belum adanya sumbangsih kongrit yang terlihat dari Titiek untuk partai berlambang pohon beringin itu meskipun diperhitungkan masuk ke dalam bursa caketum, itu tidak lebih hanya dibayangi oleh nama besar Soeharto saja. Posisi Titiek saat ini di Golkar sendiri pastinya lebih karena nama Bapak, nama almarhum, belum terlihat kiprahnya, kontribusi, dedikasinya selama ini apa, Ucap Siti.

Sementara itu Pengamat Politik Yunarto Wijaya menjelaskan bukti latar belakang keluarga Cendana tidak berpengaruh lagi di Partai Golkar adalah Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto, anak bungsu dari Presiden Soeharto, sama sekali tidak mendapat suara pada Munas Golkar di Riau, 2009 silam.

Anak keempat Presiden Soeharto, Siti Hediati alias Titiek Soeharto berniat maju sebagai Calon Ketua Umum Partai Golkar pada munaslub yang akan datang. Titiek membawa latar belakang Keluarga Cendana saat mengumumkan niatnya. Titiek menyampaikan jika kepemimpinan Golkar kembali pada Keluarga Cendana, dia akan berupaya membantu memajukan Golkar dalam waktu singkat.

Related posts