Jokowi Resmi Lantik Agus Gumiwang Jadi Menteri Sosial

Jokowi Resmi Lantik Agus Gumiwang Jadi Menteri Sosial.

Kabarberitahariini.com – Politikus Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmitra resmi menjabat sebagai Menteri Sosial menggantikan posisi yang sebelumnya ditempati oleh Idrus Marham yang mengundurkan diri karena dijadikan tersangka oleh KPK.

Jabatan baruya di emban dari prosesi pelantikan yang di pimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (24/08/2018) pukul 15.20 WIB di Istana Negara, Jakarta.

Prosesi pelantikan diawali dengan dibacanya Surat Keputusan Presiden Nomor 148p Tahun 2018 mengenai Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Sosial dalam Sisa Masa Jabatan Tahun 2014-2019 oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Cecep Sutiawan.

Keputusan presiden itu mulai berlaku saat pelantikan dan ditetapkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 24 Agustus 2018.

Setelah itu, Agus menyampaikan sumpah jabatan di pimpin langsung oleh Presiden Jokowi. Berlangsungnya pengucapan sumpah jabatan tersebut, Agus didamping oleh Rohaniwan yang menumpangkan Alquran di atas kepala Agus.

Sumpah Jabatan tersebut berisi, saya bersumpah, bahwa saya, setia kepada UUD Negara Republik Indonesia 1945 dan akan memelihara segala undang-undang dan peraturan yang berlaku untuk negara Republik Indonesia.

Proses tersebut dilanjuti dengan penandatanganan berita secara pelantikan, baik dari Agus sendiri ataupun Presiden Jokowi.

Pelantikan itu turut didatangi Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Related posts