Jendral Gatot Pensiun

Jendral Gatot Pensiun

Kabarberitahariini.com – Presiden Joko Widodo telah mengirimkan surat kepada Dewan Perwakilan (DPR) RI tentang pemberhentian dengan hormat Jendral Gatot Nurmantyo yang segera memasuki masa purnatugas pada Maret 2018 dan pengangkatan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. “Saya meyakini bahwa beliau memiliki kepemimpinan yang kuat, yang bisa membawa TNI ke arah yang lebih profesional sesuai dengan jati dirinya, yaitu tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional”, kata Jokowi di Bandung, Jawa Barat.

Fadli mengatakan setelah Pimpinan menerima surat tersebut, langsung diserahkan kepada kesekjenan DPR untuk diproses dan dijadwalkan hari ini akan digelar Rapat pimpinan DPR lalu dilanjutkan dengan Rapat Badan Musyawarah DPR.

Marsekal Hadi Tjahjanto bukan sosok yang datang dari kalangan elite militer. Ayahnya adalah seorang kopral sementara sang ibu berjualan rujak cingur. Ia meniti karier di TNI dari bawah hingga menjadi pucuk pimpinan korps dirgantara.

Pengamat Militer Connie Rahakundini Bakrie meyakini bahwa Hadi Tjahjanto adalah sosok netral, jika panglima TNI tidak berpolitik praktis maka pasti TNI sebagai kesatuan pun tidak akan berpolitik praktis. Apalgi tugas panglima TNI bukanlah mengurusi politik praktis namun mengambil keputusan strategis terkait pertahanan dan keamanan negara.

Connie juga menambahkan, pemilihan Hadi Tjahjanto juga sesuai dengan visi jokowi untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, sebab kebijakan untuk tidak “memunggungi” lautan sejalan dengan matra dirgantara.

Related posts