Jangan Pelit Untuk Memberikan Pujian Kepada Rekan Kerja

Jangan Pelit Untuk Memberikan Pujian Kepada Rekan Kerja

Kabarberitahariini.com, Mempunyai ambisi dan jiwa kompetisi memang dibutuhkan untuk mencapai posisi puncak. Akan tetapi, bukan berarti kita tidak dapat bersikap ramah kepada rekan kerja, bahkan yang menjadi pesaing kita untuk bangku manajer.

Menurut dari sebuah artikel yang dibagikan dalam Harvard Business Review disebutkan bahwa melakukan hal-hal sopan dan baik terhadap rekan kerja akan berdampak besar terhadap pekerjaan dan perasaan mereka.

Kita dapat melakukannya dengan mudah, contohnya memuji hasil pekerjaan mereka untuk menunjukkan bahwa mereka berharga. Pujian merupakan suatu hal yang gratis akan tetapi dampaknya besar.

Lagian, bekerja merupakan proses bersikap akur dan mampu bekerja sama dengan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan.

Menyampaikan beberapa ucapan pujian yang tulus mungkin terkesan mudah dan remeh, akan tetapi berdampak besar. Dampaknya dapat dirasakan oleh seluruh tim dan tentunya pekerjaan pun menjadi lebih ringan. Kita pun akan merasa lebih nyaman bekerja.

Meskipun demikian, ketahui dulu perbedaan antara “apresiasi” dan “pujian”. Anda dapat mengapresiasi seseorang dengan mengucapkan “terima kasih”, “kerja yang bagus”, atau bahkan “kamu yang terbaik”.

Akan tetapi, pujian butuh selangkah lebih dalam untuk menjelaskan nilai yang dicapai seseorang sampai-sampai membuat Anda menghargai mereka. Pujian merupakan sebuah bentuk terima kasih yang terstruktur. Pujian juga tidak seharusnya diberikan kepada seseorang yang melakukan apa yang menjadi target tugasnya.

Beberapa contoh pujian yang dapat Anda berikan contohnya pada saat seseorang mengambil alih tugas yang membuat Anda sakit kepala, ungkapkan bahwa tindakannya tersebut membuat perbedaan besar dalam keseharian Anda.

Pada saat ada rekan kerja yang membuat bangga atau terinspirasi dengan pekerjaan Anda, sampaikan bahwa hal tersebut membuat Anda merasa lebih baik dan puas dengan yang dikerjakan.

Related posts