Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Sedang Stres!

Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Sedang Stres!

Kabarberitahariini.com, “Too much stress will kill you”. Hal tersebut merupakan sebuah fakta yang tidak terbantahkan. Tentunya sudah banyak dengar orang yang menderita penyakit tertentu dan tidak jelas diagnosisnya dan dokter mengungkapkan bahwa penyebabnya karena stres.

Bagaimana sebenarnya pengaruh tekanan mental atau stres pada tubuh kita?

1. Mengacaukan sistem pencernaan

Sejumlah penelitian mengungkapkan ada kaitan diantara otak dengan sistem pencernaan kita. Bahkan, sistem pencernaan sering dikatakan sebagai “otak kedua”. Tidak heran apabila saat sedang stres atau cemas, kita sering merasa sakit perut, mual, atau pun sulit buang air besar.

2. Memperburuk PMS

Tekanan yang berlebihan terhadap pikiran dapat memperburuk kram, kembung, dan juga mood yang tidak stabil saat sedang akan haid.

3. Memperburuk gula darah

Kabar buruk terhadap anda yang menderita diabetes tipe 2. Disaat sedang stres, tubuh akan dibanjiri hormon stres. Dengan begitu, liver akan memproduksi lebih banyak glukosa untuk memberi kita energi menghadapi stres. Kebanyakan orang dapat menyerap kembali gula darah itu, namun tidak demikian dengan mereka yang beresiko diabetes atau mengidap diabetes tipe 2. Akibatnya kadar gula darah pun akan meningkat.

4. Rasa nyeri

Otot menegang, sakit kepala, dan juga rasa nyeri yang lainnya, akan semakin terasa saat kita sedang stres. Meskipun tubuh kita memang mempunyai mekanisme untuk menghadapi momen stres dan juga memiliki reaksi yang cepat, namun stres itu tidak dimaksudkan dalam jangka panjang. Tidak heran jika yang dirasakan merupakan nyeri kronik.

5. Risiko serangan jantung

Saat sedang tegang dan stres, detak jantung akan terasa cepat dan hormon stres yang diproduksi semakin meningkat. Dalam jangka panjang hal tersebut meningkatkan risiko serangan jantung atau hipertensi.

Related posts