Gudang Garam Akan Bangun Bandara di Kediri

kabarberitahariini.com – Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Bandara Kediri, Jawa Timur yang hendak dibangun oleh PT Gudang Garam Tbk akan dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero). Pembangunan bandara tersebut ditaksir membutuhkan dana sekitar Rp 5 triliun.

Di gedung Kementerian Koordinator Kemaritiman Jakarta, Luhut mengatakan setelah selesai pembangunannya maka bandara akan diberikan kepada pemerintah dan dikelola oleh Angkasa Pura II menjadi milik pemerintah.

Luhut menyebutkan kalau Gudang Garam sama sekali tidak meminta pemasukan dari Bandara yang akan dibangunnya tersebut. Luhut pun mengaku sempat kaget ketika Gudang Garam mengajukan untuk membangun Bandara tersebut.

Luhut memperkirakan proyek bandara tersebut bernilai sekitar Rp 5 triliun. Dengan dibangunnya bandara, Luhut optimis, Kediri bakal mengalami kemajuan. Pasalnya, masyarakat yang ingin berkunjung ke Kediri, tidak perlu lagi ke Serubaya jika ingin menjangkau kota tersebut dengan menggunakan moda transportasi pesawat.

Sebelumnya, Gudang Garam menyebut tengah mengajukan izin kepada pemerintah untuk merealisasikan pembangunan proyek tersebut.

Direktur Gudang Garam Susanto Widiatmoko menuturkan bahwa pihaknya memang tengah berkeinginan untuk menjadi pemrakarsa pembangunan Bandara kediri dan rencananya bandara tersebut akan dibangun di Kediri bagian barat dengan luas lahan sekitar 300-400 hektare.

Kendati belum menghitung kebutuhan dana pasti untuk proyek tersebut, seluruh investasi pembangunan Bandara Kediri, menurut Susanto akan didanai oleh Gudang Garam. Anggarannya berasal dari dana tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility / CSR).

Related posts