Gowes Pesona Nusantara Mengincar Rekor MURI

Gowes Pesona Nusantara Mengincar Rekor MURI

Kabarberitahariini.com, Program Gowes Pesona Nusantara (GPN) gagasan Kementerian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora) diharapkan dapat mengukir rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) pada tahun perdananya.

Salah satu kegiatan yang ditargetkan untuk bisa masuk ke rekor tersebut merupakan Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017.

Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta mengharapkan ajang yang masuk dalam kampanye Ayo Olahraga ini tidak hanya sekadar memasyarakatkan dan membudayakan olahraga.

“Kami optimis penyelenggaraan GTPN 2017 yang akan menempuh 5.000 kilometer hingga finis di Magelang bisa sukses mencetak rekor MURI untuk turing sepeda terpanjang,” ungkap Raden Isnanta.

Setelah etape 6 (Rangkasbitung – Tangerang Selatan – Jakarta), total perjalanan yang sudah dicapai GTPN adalah 4.011 kilometer.

GTPN 2017 mulai dari mengayuh sepeda dari titik 0 kilometer Indonesia di Sabang. Kemudian setelah itu, tim yang berjumlah sebanyak 15 orang tersebut menempuh jarak 1.157 kilometer, dari Sabang (kilometer 0) sampai dengan Balige Tobasa.

Pada etape 2, tim melanjutkan perjalanan dari Balige ke Padang dengan jarak tempuh sepanjang 727 kilometer.

Mereka kemudian menjalani etape 3 dari Padang ke Bengkulu dengan jarak tempuh sepanjang 625 km.

Rute dari Bengkulu menuju ke Palembang dengan jarak tempuh sepanjang 604 km dilahap oleh para peserta pada etape 4.

Selain daripada itu adapula etape 5 diawali dari Palembang ke Rangkas Bitung dengan jarak sekitar 632 km.

Sementara daripada itu, etape 6 dengan rute Rangkasbitung – Tangerang Selatan – Jakarta ditempuh dalam jarak 240 kilometer.

Related posts