Fakta Atau Bukan Bahwa Makan Alpukat Bikin Gemuk? Berikut Penjelasannya!

Fakta Atau Bukan Bahwa Makan Alpukat Bikin Gemuk, Berikut Penjelasannya

Kabarberitahariini.com – Buah alpukat merupakan buah yang lezat dan bergizi tinggi. Sebagian orang percaya buah ini menjadi super food dikarenakan kandungan nutrisinya, tapi banyak juga yang menjauhinya lantaran takut kandungan lemaknya bisa buat gemuk.

Dalam buah alpukat terkandung vitamin C, E, K, asam folat, serta potasium. Buah ini mempunyai kandungan lemak sehat dan serat. Dalam 100 gr buah alpukat, kandungan kalorinya lebih kurang 160.

Meskipun secara teknis alpukat merupakan buah, tapi dari sudut pandang nutrisi buah ini dianggap menjadi sumber lemak. Tidak seperti buah lain, kandungan lemak dalam alpukat sangatlah tinggi. Faktanya, 77 % kalori dari alpukat berasal dari lemak.
Tapi jangan takut dulu, kandungan lemak tersebut justru menyehatkan, khususnya untuk jantung. Alpukat banyak mengandung lemak tidak jemu tunggal dan sedikit lemak jemu.

Sebagian besar lemak tidak jemu tersebut merupakan oleic acid, jenis asam lemak yang ditemukan dalam buah zaitun dan minyak zaitun. Lemak ini dianggap begitu sehat.
Manfaat dari lemak ini diantaranya untuk mengurangi inflamasi dan menurunkan risiko penyakit jantung. Rutin mengkonsumsi alpukat bisa juga menurunkan kandungan cholesterol jahat (LDL) serta keseluruhan cholesterol.

Seperti halnya makanan lain, konsumsi alpukat juga jangan sampai berlebihan. Disarankan untuk makan alpukat 1/4 atau 1/2 setiap makan atau tidak lebih dari satu buah dalam satu hari.

Mengonsumsi alpukat menjadi gabungan salad, diblender menjadi smoothie tanpa ada gula, atau di buat jadi isian roti dengan protein beda.

Jadi, kita tidak perlu takut dengan kandungan lemak alpukat lantaran sebenarnya yang buat gemuk bukan daging buahnya tapi campurannya, seperti gula ataupun susu.

Related posts