Berikut Makanan Yang Harus Dihindari Agar Kulit Bebas Jerawat

Berikut Makanan Yang Harus Dihindari Agar Kulit Bebas Jerawat

Kabarberitahariini.com, Apapun makanan yang kita konsumsi memang berpengaruh pada kondisi kulit. Ini bukan sekedar mitos, namun sudah dibuktikan melalui penelitian. Misalnya mengenai jenis makanan yang bisa memicu timbulnya jerawat.

Studi yang telah diterbitkan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics mencari tahu apasaja makanan yang menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah. Para ahli melibatkan dua kelompok yang rata-rata terdiri dari 32 orang.

Satu kelompok mempunyai kulit yang bersih, yang lainnya mempunyai jerawat sedang sampai parah. Masing-masing kelompok diminta untuk mengisi buku diari makanan selama lima hari dan dites darah.

Terdapat sekitar 61 persen responden percaya bahwa makanan yang mereka konsumsi mempengaruhi kulit mereka, dan itu benar. Penyebab kulit wajah berjerawat ternyata bukan hanya berasal dari makanan berminyak. Justru, peserta yang jerawatnya parah justru mereka yang mempunyai pola makannya tinggi karbohidrat dan makanan kadar glikemik tinggi.

Indeks glikemik makanan ditentukan dari seberapa cepat gula darah seseorang naik setelah mengonsumsi makanan.

Beberapa makanan dengan kandungan glimetik tinggi dan kandungan karbohidrat tinggi antara lain nasi putih, kentang panggang, spagheti, kue-kue manis, dan roti putih. Makanan dengan kadar glikemik rendah antara lain, kacang merah, kacang mete, dan serelia utuh.

Namun bukan berarti tidak boleh mengongsumsi makanan yang mengandung karbohidrat lagi. Anda hanya perlu mengurangi jumlah yang Anda konsumsi agar tidak berlebihan. Jika kondisi kulit menjadi semakin serius, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter ahli.

Related posts