Berikut Ini Beberapa Fakta Jika Ayam Broiler Berbahaya bagi Kesehatan

Berikut Ini Beberapa Fakta Jika Ayam Broiler Berbahaya bagi Kesehatan

Kabarberitahariini.com, Kesehatan – Daging ayam merupakan jenis daging yang sangat disukai oleh banyak orang, selain selalu tersedia di pajak, daging ayam juga sangat mudah dalam mengolahnya untuk dikonsumsi.

Sejauh ini di Indonesia setidaknya ada 2 jenis ayam yang sangat populer untuk dikonsumsi dagingnya yakni ayam kampung dan ayam broiler. Ayam kampung adalah jenis ayam yang diternak dengan cara lebih organik oleh karena itu akan menghasilkan daging yang lebih kesat dibandingkan dengan jenis ayam lainnya.

Baca Juga :  Alasan Ini Bisa Membuat Kamu Berpindah Ke Beras Cokelat

Sedangkan ayam broiler adalah jenis ayam yang dikembangbiakkan secara massal yang bermanfaat untuk memenuhi tuntutan kebutuhan pasar yang terus meningkat. Maka hal tersebut sangat diyakini jika konsumsi ayam broiler akan lebih berbahaya untuk kesehatan.

Berdasarkan penelitian yang dikutip dari boldsky.com mengatakan jika terdapat beberapa fakta nyata yang perlu kamu ketahui tentang ayam broiler,antara lain :

* Ayam broiler selalu diberikan suntikan anti-biotik

Di dalam proses peternakan ayam broiler, sebagian besar dari ayam yang diternak dengan diberikan suntikan anti biotik supaya tetap sehat serta bertahan dari ancaman segala macam penyakit virus yang akan menyerang. Hal tersebut yang membuat jika ayam broiler dikonsumsi akan sangat berbahaya untuk kesehatan.

* Telah diberikan suntikan penggemuk

Mengingat dalam memenuhi tuntutan pasar yang terus meningkat yang selalu mengharapkan daging ayam yang besar akan tetapi harganya yang masih terjangkau, maka tidak heran jika peternak ayam broiler selalu memberikan suntikan penggemuk yang membuat daging ayam lebih cepat berkembang biak dan menghasilkan daging yang lebih banyak. Yang menjadi masalah besarnya adalah suntikan itu berisi cairan kimia serta obat lainnya yang akan sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia.

* Peningkatan resiko terkena kolesterol

Umumnya daging ayam broiler akan lebih berlemak jika dibandingkan dengan ayam kampung. Hal tersebut tentunya akan semakin tinggi resiko terkena kanker serta kolesterol apabila anda sering mengonsumsi daging ayam broiler.

                   Berikut Ini Beberapa Fakta Jika Ayam Broiler Berbahaya bagi Kesehatan

* Resiko keracunan ayam broiler sangat lebih tinggi

Penelitian telah membuktikan jika hampir 67% dari daging ayam broiler telah mengandung bakteri E.Coli yang akan membuat anda keracunan jika mengonsumsinya, terlebih jika proses pemotongan ayam broiler yang kurang bersih ataupun higienis yang akan menyebabkan daging ayam mentah itu akan tercemar berbagai kuman serta bakteri mematikan.

* Konsumsi ayam kampung lebih sehat ketimbang ayam broiler

Fakta tersebut sudah sangat nyata karean dalam peternakan ayam kampung juga dipelihara dengan lingkungan yang sehat, sedangkan ayam broiler tidak demikian yang diternak dengan lingkungan yang kurang sehat dan terjamin.

Akan tetapi jika kamu terpaksa mengonsumsi daging ayam broiler dengan alasan pengeluaran biaya yang tidak begitu mahal maka langkah yang terbaik adalah dengan cara pengolahan yang baik serta higienis. Selain itu juga bisa memakai peralatan dapur tersendiri yang tidak boleh dicampur dengan alat dapur lainnya, kemudian bisa dilakukan dengan mencuci yang bersih serta memasaknya dengan matang agar terhindar dari kuman maupun bakteri semakin berkurang,..salam kesehatan dan selamat mencoba..!!

Related posts