Berbagai Ormas Berdemo dan Menolak Berdiskusi dengan Kedubes Arab Saudi

Kabarberitahariini.com – Ketua Pusat Studi Migrasi Migrant CARE Anis Hidayah mengatakan bahwa sejumlah ormas menolak untuk bertemu dan berdiskusi dengan pihak Kedutaan Besar Arab Saudi. Mereka menilai pertemuan itu tidak akan membuahkan hasil apapun.

Tawaran diskusi itu disampaikan saat sejumlah ormas menggelar demonstrasi di depan Kedubes Arab Saudi di bilangan Kuningan, Jakarta. Mereka menolak dan mengecam hukuman mati terhadap buruh migran.

Anis, salah satu demonstran mengatakan kalau tidak ada gunanya bertemu dengan pihak kedubes Arab Saudi karena mereka tidak akan pernah mendengarkan orang lain selain mendengar dirinya sendiri.

Menurut Anis, mediasi bukan merupakan metode penyelesaian masalah yang tepat dalam kasus ini karena Presiden Joko Widodo juga sudah berusaha bernegosiasi dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz terkait hal ini. Namun otoritas Arab Saudi tidak menggapi hal ini.

Anis beranggapan apabila permintaan presiden saja tidak digubris, apalagi masyarakat biasa yang hanya menyampaikan tuntutan kepada pihak Kedubes.

Aksi yang dilakukan pada hari ini merupakan bentuk sikap dari beberapa ormas dan LSM atas hukuman mati yang dilakukan pemerintah Arab Saudi terhadap TKI asal Madura, Muhammad Zaini Misrin.

Related posts