Benarkah Stress bisa Membuat Seseorang Akan Menjadi Gemuk ?

Benarkah Stress bisa Membuat Seseorang Akan Menjadi Gemuk ?

Kabarberitahariini.com, Kesehatan – Sejauh ini hubungan stres serta kegemukan memang terbilang unik, jika tidak ingin dibilang rumit, sebagian orang bisa cenderung terlihat kurus ketika stres akan tetapi sebagian yang lain justru mengalami peningkatan resiko obesitas.

Tidak perlu dipertentangkan kembali, keduanya punya penjelasan ilmiah yang mendukungnya, bagi orang-orang yang semakin gemuk saat mengalami stres, salah satu penjelasannya adalah didalam sebuah penelitian terbaru.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan belakangan ini pada jurnal Obesity menyebutkan jika kadar kortisol berhubungan erat dengan berat badan. Kortisol dikenal juga sebagai hormon stres, yang pada dasarnya kadar meningkat ketika seseorang sedang memiliki banyak masalah.

Baca Juga :  Terbukti Dengan Mandi Malam Hari Membuat Tidurmu Semakin Nyenyak

Bahkan dalam penelitian itu, para ilmuwan menganalisis melalui sampel rambut dari 2.500 pria serta wanita sekitar 4 tahun. Sampel rambut dipilih karena dianggap lebih akurat dalam melakukan analisis kadar kortisol yang terakumulasi.

Hasil analisis membuktikan semakin tinggi kadar kortisol, semakin tinggi pula indikator kegemukan yang dimiliki partisipan. Laporan yang dikutip dari Health.com menyebutkan jika indikator yang digunakan antara lain Body Mass Index (BMI) serta lingkar pinggang.

Para pakar kesehatan mengartikan obesitas dengan kriteria BMI 30 kg/m2 atau lebih, atau lingkar pinggang di atas 102 cm pada pria serta di atas 88 cm pada wanita. Dipercaya jika stres memicu perubahan gaya hidup akan menjadi tidak sehat sehingga menimbulkan kegemukan, yang menyebabkan menjadi malas olahraga, serta banyak mengonsumsi ‘comfort food’ seperti makanan-makanan berlemak dan juga bergula.

Related posts