Beberapa Cara Yang Tepat Untuk Dapat Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak

Beberapa Cara Yang Tepat Untuk Dapat Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak

Kabarberitahariini.com, Tanpa Anda sadari pada saat kita tidur, tubuh kita masih tetap bekerja. Salah satunya merupakan tubuh memperbaiki metabolisme tubuh. Tubuh membutuhkan minimal 6 sampai dengan 8 jam waktu tidur, untuk memperoleh energi yang cukup untuk keesokan harinya. Untuk itu kebiasaan kurangnya waktu tidur atau bergadang, tidak baik untuk tubuh. Berikut terdapat enam cara untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, seperti yang dilansir dari Bustle.com, Selasa (8/8/2017).

1. Perbaiki Jadwal Tidur

Banyak sekali kebiasaan yang sering kita lakukan, salah satunya kebiasaan begadang. Kebiasaan buruk ini, pastinya tidak menyehatkan tubuh. Disarankan sebaiknya untuk mengubah jadwal tidur dengan mengatur jam tidur Anda lebih awal. Walaupun pada akhir pekan, bukan berarti Anda harus menghabiskan waktu untuk bergadang semalaman. Dengan mengatur jadwal tidur Anda, tubuh akan membantu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk terlelap.

2. Jauhkan Diri dari Ponsel

Tidak sedikit orang yang menghabiskan waktunya untuk bermain ponsel, untuk sekedar melihat media sosial ataupun melihat hal apa saja yang disukai di internet. Hal tersebut yang sering menunda waktu tidur Anda, cahaya yang terpancarkan dari layar membuat tubuh sulit untuk tidur. Cobalah untuk menjauhkan ponsel Anda dan mematikan lampu pada waktu tidur.

3. Udara Sejuk

Suhu tubuh Anda akan menurun secara alami pada saat Anda telah tertidur, dan akan menghangatkan kembali pada saat Anda terbangun. Ruangan dengan udara yang panas dapat mengganggu suhu tubuh yang berdampak kepada Anda dan membuat Anda menjadi kesulitan untuk tidur. Sebaliknya untuk udara yang sejuk akan membantu Anda untuk dapat tidur dengan nyenyak.

4. Olahraga

Melakukan kebiasaan olahraga secara rutin juga dapat membantu Anda, mempercepat waktu tidur. Akan tetapi, bukan berarti melakukan olahraga sebelum Anda ingin tidur. Apabila Anda mengalami insomnia, cobalah untuk mulai berolahraga. Badan yang letih setelah melakukan kebiasaan berolahraga, akan memudahkan Anda untuk tertidur untuk beristirahat.

5. Jauhi Makan Makanan Berat Pada Malam Hari

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang berat ataupun makanan yang pedas pada malam hari, akan mempersulit tubuh Anda untuk mencerna. Apabila Anda kelaparan pada malam hari, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung triptofan asam amino, yang dapat membantu Anda cepat tertidur. Anda juga dapat mengonsumsi kacang-kacangan, pisang ataupun susu.

6. Hindari Kafein

Apabila Anda merupakan orang yang menyukai kopi, bisa jadi Anda akan sulit untuk mengatur waktu tidur pada malam hari. Sebuah studi membuktikan bahwa mengonsumsi kopi 6 jam sebelum tidur, masih dapat mengganggu waktu tidur Anda. Cobalah untuk mengganti kebiasaan meminum kopi dengan teh herbal atau susu.

Related posts