Agun Gunanjar: Bukan Maksud Kami Untuk Melemahkan KPK

Agun Gunanjar: Bukan Maksud Kami Untuk Melemahkan KPK

Kabarberitahariini.comNews, Jakarta – Ketua KPK, Pansyus Angket KPK Agus Gunanjar menegaskan kembali, bahwa DPR tidak ada niat sedikitput untuk melemahkan KPK sebagai sebuah institusi.

“DPR mulai masuk dari laporan BPK lantaran KPK merupakan lembaga negara yang menggunakan keuangan negara. Kita mau bagaimana keuangan negara yang digunakan bisa berimplikasi baik pengeluaran, dan kinerjanya,”ucapnya.

Agun menyambungkan, dari sisi hulirnya, DPR juga sudah menemui orang yang memang bersentuhan secara langsung dengan KPK.

Ini juga berkaitan dengan koordinasi dengan supervisi. “Kami juga langsung menemui kepolisian dan kejaksaan soal kordinasi dan supervisi dengan KPK,”jelasnya.

Awal dibentuknya KPK, sambung Agun, DPR melihat bahwa fungsi Kepolisian maupun kejaksaan dalam melakukan penegakan hukum masih belum efektif sebab itu KPK bisa mengambil alih kasus korupsi itu.

“Tetapi nilai nominal kasus itu mencapai 1 miliar. Apa yang kami amati itu, tidak adanya kordinasi yang menimbulkan hubungan yang tidak harmonis dengan penegak hukum lainnya sampai muncul kasus Kancil dan Buaya,”jelasnya.

Hal itu, ucap Agun, bisa membahayakan mekanisme demokrasi yang ada saat ini. “Yang kita inginkan bahwa tidak ada satupun kekuasan atau lembaga negara yang tidak bisa dikritik,”sambungnya.

Related posts