3 Tips Jitu Ini Bisa Kamu Gunakan Untuk Menolak Tanpa Menyakitinya

3 Tips Jitu Ini Bisa Kamu Gunakan Untuk Menolak Tanpa Menyakitinya

Kabarberitahariini.com, Jakarta – Secara umum, orang selalu ingin berinteraksi dengan orang lain dengan baik dan tanpa sakit hati. Mereka pun ingin berada di lingkungan yang menyenangkan serta tanpa konflik. Karena itu, tidak sedikit orang yang menghindari masalah dengan mengatakan iya terhadap hal yang sebenarnya tidak disukai.

Mengapa orang bisa melakukan hal ini? Mungkin hal ini juga dimulai ketika Anda masih kecil. Orangtua akan mengajarkan untuk mengatakan “ya” dengan apa yang telah mereka ajarkan.

Akan tetapi, seiring bertambah dewasa, Anda akan berhak menentukan apa yang terbaik untuk Anda. Orang yang menginginkan sesuatu dari Anda, tetapi jika anda tidak menyukainya, Anda juga dapat menolaknya.

Baca Juga :  Kamu Wanita Gaul, Bisa Coba Warna Busana Ini Yang Sesuai Dengan Kulitmu…!!!

Penolakan tentu ujungnya dapat memberikan rasa sakit hati. Karena itu, penolakan harus dibuat sebaik mungkin agar tidak berimbas demikian. Lantas, bagaimana untuk mengatakan tidak tanpa harus membuat orang lain sakit hati? Seperti yang dilansir dari Manners Mentor, Jumat (28/04) ada beberapa caranya, antara lain :

* Jujurlah kepada diri anda sendiri

Pertama, dengan menghilangkan rasa bersalah ketika Anda mengatakan tidak kepada orang lain. Anda perlu menentukan prioritas anda dalam hal ini. Jika permintaan orang lain tidak sesuai dengan hal tersebut, itu hak Anda untuk mengatakan tidak. Daripada Anda membalas dengan mengatakan “ya” lalu tidak dengan sepenuh hati menjalankannya, bukan kah lebih baik berkata “tidak”, bukan?

* Katakan “tidak” dengan bahasa yang menyenangkan

Mendengar kata tidak dari orang lain memang selalu akan tidak menyenangkan. Akan tetapi, dengan cara yang benar, jawaban tidak akan terasa lebih menyenangkan. Pertama, mulailah dengan memberikan pujian, kemudian jawaban, katakan terima kasih, berikan juga dorongan, dan bisa ubah subjeknya.

* Ketika orang lain marah dengan jawaban “tidak”

Sekali lagi, jika Anda yang menentukan keputusan. Ingat mungkin Anda akan mengalami ini, ketika permintaan ditolak. Akan tetapi, jangan lantas memaksakan kehendak. Ini agar tidak ada pihak yang akan sakit hati nantinya.

Related posts